Esports Makin Ngetren, Lapangan Pekerjaan Baru Terbuka Lebar
Beberapa tahun belakangan ini industri esports sedang bertumbuh cepat di dunia, termasuk juga di Indonesia.

Esports Makin Ngetren, Lapangan Pekerjaan Baru Terbuka Lebar

Posted on

Beberapa tahun belakangan ini industri esports sedang bertumbuh cepat di dunia, termasuk juga di Indonesia.

Berdasar data Newzoo pada 2019, pemakai handphone di Indonesia sudah capai 82 juta lebih. Dan lebih dari 52 jutanya suka bermain game mobile.

Hal itu tempatkan Indonesia di rangking ke 17 dunia untuk pemakai game mobile paling banyak. Dan menyumbang sejumlah Rp 8,7 triliun untuk mobile gaming selama 2019.

Tidak itu saja, perubahan ranah esports juga memberi banyak faedah buat banyak orang. Termasuk juga buka lapangan pekerjaan baru di bidang kreatif.

Kecuali memperoleh pendapatan untuk olahragawan esports. Tetapi gamer yang tidak mempunyai kemampuan untuk player tapi masih punyai spirit di industri juga tetap berkarier.

Gamer bisa berkarier di industri esports untuk organizer, shoutcaster, content inisiator, serta karier lain. Sesuai dengan bakat hingga dapat unjuk kekuatan di pertandingan esports yang banyak diadakan di negeri.

Kompetisi Esports PUBG Mobile

Salah satunya contoh industri di bagian esports itu ialah game PUBG Mobile. Jadi salah satunya game battle royale paling populer di dunia serta Indonesia. PUBG Mobile banyak melahirkan beberapa kesempatan karier di industri esports.

Berkenaan pertandingan esports sekarang ini banyak yang disetop sebab epidemi Corona. Tidak menurunkan kesibukan PUBG Mobile untuk selalu mengadakan moment online bertaraf dunia.

Diantaranya ialah pertandingan PUBG Mobile Pro League Season 1 serta PUBG Mobile National Championship (PINC) 2020 Indonesia. Diambil dari info resminya, Rabu (8/7/2020).

Menurut Gaga Li, Head of PUBG MOBILE eSports untuk Asia Tenggara. Industri esports bisa jadi pilar ekonomi baru yang perlu ditingkatkan bersama-sama oleh seluruh pihak.

Industri ini mempunyai karier yang bagus, sebab dapat datangkan pendapatan yang lumayan besar. Serta pantas dibantu oleh semua golongan, jelas Gaga Li.

Jadi Tempat Peningkatan Potensi Anak Muda

Selanjutnya, populeritas PUBG Mobile juga dilirik oleh beberapa jenis faksi termasuk juga instansi pemerintah.

Adapau gelaran pertandingan esports PUBG Mobile ini diselenggarakan mempunyai tujuan untuk mengeduk kreasi serta meningkatkan kekuatan beberapa anak muda.

Ini ditunjukkan pemerintah lewat Kementerian Pariwisata serta Ekonomi Kreatif bekerja bersama dengan GGWP, akan membuat satu pertandingan PUBG Mobile.

Bertopik Baparekraf Game Prime 2020, pertandingan ini akan diadakan pada Agustus akan datang. Serta tawarkan keseluruhan prize pool sampai Rp 1 miliar.

Kompetisi Esports PUBG Mobile Yang lain

Seakan tidak ingin kalah dengan pemerintah, faksi swasta juga berlomba membuat pertandingan PUBG Mobile ini.

Dalam periode waktu 3 bulan depan, ada pertandingan yang diselenggarakan faksi swasta dengan keseluruhan hadiah yang cukup fenomenal.

Diantaranya pertandingan itu, ialah Gopay Ajang Championship dengan keseluruhan prize pool sejumlah Rp 2,2 milyar; IES Smartfren Indonesia Championship sejumlah Rp 500 juta.

Sesaat yang lain, Nusantara Battleground dengan Rp 40 Juta; Esports Superstars Battle sejumlah Rp 250 juta; serta ROG Mabro dengan keseluruhan prize pool Rp 20 juta.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *