Ini Perbedaan Cheat & MOD dalam Game Jangan Kebalik

Posted on

Ini Perbedaan Cheat & MOD dalam Game Jangan Kebalik – Kalian pasti sudah sering mendengar istilah cheat dan MOD, namun apakah kalian tahu apa perbedaan diantara kedua istilah itu? Atau malah sama sekali tidak tahu dan menganggap keduanya adalah sama? Sampai saat ini cheat adalah hal yang paling dicari para gamer untuk menjadi yang terbaik tanpa harus bersusah payah. Apakah MOD juga memiliki pengertian yang sama juga?

Ini Perbedaan Cheat & MOD dalam Game Jangan Kebalik

Ini Perbedaan Cheat & MOD dalam Game Jangan Kebalik

Keduanya juga seringkali menjadi perdebatan diantara para gamer, tidak sedikit yang ribut bahkan berujung saling hujat saat mengetahui ada seorang. Pemain yang menggunakan program ilegal ataupun MOD. Kali ini Kabar Games tidak akan memberitahu cara penggunaan salah satu ataupun keduanya. Tapi akan membahas fenomena penggunaan cheat dan MOD sekaligus perbedaan diantara keduanya.

Secara umum Cheat adalah segala perbuatan curang yang digunakan oleh seorang pemain supaya pemain bisa bermain dengan lebih mudah atau lebih asik dari biasanya. Metode cheat itu sendiri secara umum terdiri dari dua cara. Cara pertama adalah menggunakan program ilegal seperti Game Guardian, Cheat Engine, Lulubox FF ataupun Lulubox ML dan masih banyak lagi.

Cara ini tergolong ilegal dan tidak jarang pemain yang ketahuan akan terkena banned permanent seperti yang belum lama ini terjadi di game Valorant. Alhasil pemain tersebut terkena banned dan tidak bisa menggunakan akunnya lagi. Kalau di jaman dulu pemain PS 1 bisa menggunakan Game Shark untuk melakukan cheat.

Apa itu Cheat dalam Game

Metode cheat yang kedua adalah menggunakan cheat yang memang disediakan oleh developer dengan tujuan supaya pemain bisa lebih enjoy dalam bermain. Seperti contohnya GTA San Andreas dan GTA 5 yang menyediakan fitur cheat dalam permainan. Selain GTA, Electronic Arts juga menyediakan fitur cheat dalam game The Sims 4 dan masih banyak lagi.

Penggunaan cheat ini bisa dibilang adalah cara curang yang dapat merusak atmosfir sebuah game, terlebih game tersebut memiliki sebuah kompetisi yang terbilang ketat. Oleh karena itu cukup banyak developer game yang aktif melakukan razia untuk menjaring para cheater yang tidak bertanggung jawab ini.

Seperti yang baru saja terjadi, salah satu publisher kenamaan, Riot Games, melakukan banned permanent pertamanya kepada cheater. Game Valorant yang terbukti menggunakan cheat Wallhack dan Aimhack dalam menjalankan aksinya di dalam pertandingan online.

Perbedaan Cheat dan MOD

Seperti yang sudah dijelaskan diatas, cheat dan mod sebenarnya memiliki perbedaan yang sangat mendasar. Dimana cheat digunakan untuk mencurangi atau membuat jalan pintas dalam sebuah game dan MOD hanyalah melakukan modifikasi pada file asli sebuah game sehingga permainan tampak berbeda.

Namun pada perjalanannya, seringkali ditemukan game MOD dengan kecurangan di dalamnya seperti unlimited money ataupun diamond. Sebenarnya modifikasi yang dilakukan dalam game ini menggunakan script tertentu yang ditanamkan permanent pada game tersebut. Sehingga pemain tidak perlu lagi susah payah melakukan cheat karena sudah tertanam pada installer. Pada kasus ini sebenarnya game tersebut bukanlah mod, melainkan cheat yang digabungkan ke dalam installer, entah itu APK ataupun exe.

Penggunaan keduanya dalam game sebenarnya tidak terlalu menjadi masalah, karena tujuannya adalah membuat permainan menjadi enjoy dan lebih menikmati permainan. Yang menjadi permasalahan adalah ketika menggunakan cheat dalam sebuah turnamen resmi. Yang akan merugikan dan mengganggu karena permainan akan menjadi berat sebelah.

Hal ini kembali lagi ke masing masing pemain, saat seseorang menggunakan cheat secara ilegal berarti pemain tersebut sudah siap dengan segala resiko yang ditempuh termasuk akun pemain tersebut akan dibanned permanent oleh developer.

Demikian pembahasan mengenai perbedaan antara cheat dan MOD yang seringkali mengundang perdebatan panjang di kalangan para gamer, jujur saja deh kamu termasuk seorang cheater atau modder? Nantikan kabar terbaru dan terupdate seputar game, anime dan gadget hanya di Kabar Games!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *